Thursday, May 04, 2006

Harta yang tak ternilai

Pernah baca buku 5 cm nya Dony Dirgantoro? Barusan gua baca untuk kedua kalinya. Tentang pertemanan mahkluk ajaib dan petualangan mereka untuk lebih memaknai arti pertemanan dan hidup. Gak tahu kenapa gua pengen baca lagi buku ini ... apalagi pas bagian ketika mereka berangkat ke puncak Mahameru. Sebuah perjalanan yang bikin gua iri tentu nya ..... aaaa jadi pengen naek gunung lagi.
Ingatan gua jadi balik lagi ke masa masa SMA .... waktu itu gua yang belom pernah naek gunung sama sekali diajak ke Sindoro (yang relatif lebih gampang dibanding gunung yg lain di sekitarnya). Katanya sih pada pengen ngerayain tahun baru di puncak (seandaianya banyak orang memilih untuk melewatkan malam pergantian tahun di puncak pucak gunung di Indonesia gua yakin malam tahun baru di kota kota besar gak akan semacet dan sebising biasa nya).
Dan seperti yang gua tebak sebelumnya .... pasti perjalanan pertama gua banyak diwarnai kejadiuan kejadian luar biasa. Terseok seok di tengah malam nan buta karena jalan setapak yang licin abis ujan (pas udah terang gua baru tahu kalo kiri kanannya ternyata jurang). Kedinginan pas nyampe puncak tapi tetep aja pengen nyebur ke danau yg ada di puncak (norak ya ... ternyata gua baru tahu kalo puncak gunung itu bentuknya gak runcing, bahkan bisa dipake buat maen bola orang se kecamatan). Nolongin anak SMP yang jatuh waktu turun (meskipun akhirnya 3 hari kemudian dia meninggal). Keabisan air minum sampai akhirnya harus minum air hujan pake daun. Kelaperan dan ngabisin arbei liar yg tumbuh di sepanjang jalan. Gua baru tahu bahwa di balik tingkah ajaib 7 manusia aneh ternyata masih tersimpan hati yang mulia untuk menolong sesama.
Yah meskipun sekarang gua dah gak tahu pada kemana temen temen gua itu. Tapi semuanya masih tersimpan rapi di sini ... tentang arti sebuah pertemanan. Bahwa selamanya pertemanan itu gak akan bisa ditukar dengan harta sebanyak apapun. Dan ternyata setelah semuanya hanya menjadi kenangan yang sudah lama sekali lewat gua baru sadar .... bahwa gua pernah punya harta yang sangat berharga. Where are you guys

No comments: